The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Leaderboard Ads
Mengenal Lebih Jauh Genre Cyberpunk di Dalam Video Game
Ilustrasi game Cyberpunk 2077 (photo/CD Projekt Red)
Game

Mengenal Lebih Jauh Genre Cyberpunk di Dalam Video Game

Selasa, 30 Juni 2020 10:41 WIB 30 Juni 2020, 10:41 WIB

INDOZONE.ID - Saat ini game Cyberpunk 2077 menjadi salah satu game yang banyak ditunggu-tunggu oleh gamers di berbagai platform. Game besutan CD Projekt Red ini sukses menarik perhatian orang-orang dengan tema dunia futuristik yang dihadirkan di game tersebut.

Namun ternyata banyak yang menganggap bahwa Cyberpunk sendiri merupakan sebuah nama game. Padahal Cyberpunk merupakan sebuah genre video game yang sudah ada sejak tahun 1983 lalu lho!

Ya, istilah Cyberpunk sendiri pertama kali digunakan oleh seorang penulis bernama Bruce Bethke di tahun 1983 lalu. Awalnya istilah tersebut digunakan untuk mendeskripsikan dua kata yaitu cybernetics dan punk.

Gameplay Cyberpunk 2077
Gameplay Cyberpunk 2077 (photo/CD Projekt Red)

Salah satu ciri khas dari genre Cyberpunk sendiri adalah hadirnya kehidupan futuristik yang disertai dengan berkembangnya teknologi yang nantinya dapat mempengaruhi kehidupan manusia.

Meskipun futuristik, masih terdapat kebiasaan yang diambil dari kehidupan lampau seperti adanya gap atau kasta di masyarakat hingga banyaknya aksi-aksi kriminal yang sering terjadi di lingkungan.

Untuk saat ini, game-game yang memiliki genre Cyberpunk sendiri di antaranya adalah Deus Ex, Watch Dogs, System Shock, dan Far Cry 3: Blood Dragon.

Selain itu ternyata istilah Cyberpunk sendiri juga merupakan salah satu di antara banyaknya genre 'punk' lain. Ya, saat ini terdapat genre-genre lain seperti Steampunk, Whalepunk, Biopunk, dan juga Dieselpunk.

Artikel Menarik Lainnya:

Muhammad Alfath Ishari
Ferry Andika
Ads
Ads
JOIN US
JOIN US