The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Leaderboard Ads
Harga Remdesivir Antivirus Covid-19 Dijual Gilead Seharga Rp 33 Juta per Pasien
Remdesivir seharga Rp 33 juta per pasien (Istimewa)
Health

Harga Remdesivir Antivirus Covid-19 Dijual Gilead Seharga Rp 33 Juta per Pasien

Selasa, 30 Juni 2020 11:53 WIB 30 Juni 2020, 11:53 WIB

INDOZONE.ID - Awal pekan ini Gilead Sciences Inc mengumumkan harga anti virus Covid-19 Remdesivir sebesar US$2.340 atau sekitar Rp33 juta per pasien untuk pengobatan 5 hari. Perusahaan juga sudah setuju untuk mengirim hampir semua pasokan obat ke Amerika Serikat selama 3 bulan ke depan ini.

Namun harga yang diberikan masih di bawah perkiraan dari Institute for Clinical and Economic Review (ICER). Awalnya diprediksi akan mencapai US$2.520 hingga US$2.800 atau sekitar Rp35 juta hingga Rp39 juta.

Gilead memberikan harga berbeda bagi pasien di Amerika Serikat untuk asuransi komersial dan pemerintahan. Untuk asuransi komersial harga yang diberikan adalah US$520 atau sekitar Rp7,4 juta per botol. Sementara pasien dengan program kesehatan pemerintah mendapat harga US$390 atau sekitar Rp5,6 juta.

Kepala Eksekutif Gilead, Daniel O’Day, dalam surat terbuka mengatakan harga yang diberikan jauh di bawah nilai yang ada karena mengingat pengeluaran rumah sakit awal dalam menghemat sekitar US$12.000 per pasien di Amerika Serikat.

Pendukung pasien seperti Public Citizen juga berpendapat bahwa biayanya harus rendah karena remdesivir dikembangkan dengan keuangan dari pemerintahan federal Amerika Serikat.

Gilead juga mengatakan akan terus mengirimkan pasokan remdesivir ke Department of Health and Human Services (HHS), dengan agensi dan pemerintahan yang akan mengatur alokasi untuk rumah sakit di Amerika Serikat hingga akhir September.

Saat ini HHS mengatakan bahwa sudah mengamankan lebih dari 500.000 kursus remdesivir untuk rumah sakit di Amerika Serikat.

Artikel Menarik Lainnya:

Muhammad Alfath Ishari
Fitri
TERKAIT DENGAN INI
Ads
Ads
JOIN US
JOIN US