The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Leaderboard Ads
7 Tips Jitu Bagi Anak Muda untuk Meraih Kemerdekaan Finansial
Ilustrasi anak muda. (freepik/cookie_studio)
Life

7 Tips Jitu Bagi Anak Muda untuk Meraih Kemerdekaan Finansial

Apa saja sih?

Selasa, 14 Juli 2020 13:36 WIB 14 Juli 2020, 13:36 WIB

INDOZONE.ID - Mempersiapkan masa depan yang baik adalah idaman semua orang. Namun demikian, ternyata tak semua orang paham bagaimana cara mempersiapkan masa depan yang baik itu. 

Sebagian besar orang cukup berpikiran bahwa bekerja yang tekun dan giat, adalah upaya yang terbaik untuk mempersiapkan masa depan. Namun demikian, ada pula orang-orang yang berpikir, dengan terus bekerja saja, hal itu belum cukup untuk membuat kita menjadi merdeka secara finansial. 

Nah, bagi sebagian orang yang sadar, tentu akan mempersiapkan diri untuk memulai dan mengejar kesuksesan. Sebab, dengan persiapan yang dilakukan secara tepat dan terencana, maka kelak hal itu semakin mendekatkan seseorang dengan kemerdekaan finansial. 

Nah, bagi anak muda yang mulai sadar ingin mengejar kesuksesan, simak yuk tips dari Perencana Keuangan Aidil Akbar, agar tidak salah langkah dan bisa secara tepat mempersiapkan masa depan yang lebih baik. 

Indozone sudah merangkum tujuh kiat sukses bagi anak muda untuk menggapai kesuksesan dan kemerdekaan, berikut adalah penjelasannya.

1. Belajar

7 Tips Jitu Bagi Anak Muda untuk Meraih Kemerdekaan Finansial
Ilustrasi anak muda. (freepik/rawpixel)

Belajar untuk mencari ilmu, merupakan hal dasar yang harus dilakukan orang untuk mencapai sukses. Apapun jalur sukses yang akan ditempuh seseorang, ia harus memulainya dari proses belajar. 

"Carilah ilmu, belajar ilmu, terapkan ilmu yang bisa langsung dipakai. Ilmu yang bisa menghasilkan uang itu bisa jadi macam-macam, kamu bisa belajar secara gratisan. Apa itu melalui video YouTube, kamu bisa dapat ilmu. Melalui podcast, kamu bisa dapat ilmu, melalui artikel di Google dan lain sebagainya, kamu bisa dapat ilmu. Melalui Instagram, sekarang banyak juga ilmu, bahkan TikTok sekalipun juga ya, sudah banyak orang-orang share ilmu," ujar Aidil kepada Indozone, Selasa (14/7/2020).  

2. Kesehatan

7 Tips Jitu Bagi Anak Muda untuk Meraih Kemerdekaan Finansial
Ilustrasi mengonsumsi makanan sehat. (freepik/schantalao)

Tips untuk sukses selanjutnya adalah kesehatan. Kesehatan menjadi sesuatu yang sangat penting, sebab tanpa kesehatan, kita tidak bisa berbuat apa-apa dan jika kesehatan terganggu, maka uang justru akan lebih banyak terkuras disana. 

"Kesehatan harus dijaga, kita harus olahraga misal lari pagi. Kemudian minum air putih yang banyak, jangan minum-minuman yang gula-gula-an, minum-minuman yang soda-soda. Kalau kita minum air gula segelas, maka langsung setelah itu kita minum air putih," jelas Aidil.

3. Teman dan Jaringan

7 Tips Jitu Bagi Anak Muda untuk Meraih Kemerdekaan Finansial
Ilustrasi pertemanan. (freepik/senivpetro)

Teman dan jaringan merupakan hal yang sangat penting ketika kita ingin sukses. Sebab, teman atau jaringan tersebut merupakan tempat kita untuk bertukar pikiran, pengalaman dan melihat peluang-peluang baru yang bisa digarap.

"Teman dan jaringan jadi penting, sebab teman dan jaringan bisa membantu kita membuka akses seluas-luasnya, bisa membantu kita kenal dengan banyak orang, bisa membantu kita untuk memperbesar usaha kita. Melakukan kerjasama dengan pihak lain itu penting sekali ya, apalagi di zaman sekarang," jelasnya.

4. Kolaborasi

7 Tips Jitu Bagi Anak Muda untuk Meraih Kemerdekaan Finansial
Ilustrasi kolaborasi. (freepik/senivpetro)

Kolaborasi merupakan hal yang penting dan menjadi keniscayaan di situasi seperti sekarang ini. Sebab, sebagai manusia tentu kita memiliki keterbatasan dalam apapun itu. Nah, melalui kolaborasi itu, kita tentu menjadi lebih banyak pilihan untuk melakukan sesuatu, dan bisa mengeksplor sesuatu yang lebih luas lagi, dengan menggabungkan ide-ide kreatif dari banyak orang yang tentu miliki talenta dan keahlian masing-masing. 

Adapun contoh kolaborasi sendiri misalnya, salah satu restoran yang kemudian bekerjasama dengan jasa pengiriman ekspres. Sebagaimana diketahui, dimasa pandemi seperti sekarang ini, pengunjung restoran tentu berkurang drastis, namun dengan ia melakukan kerjasama dengan operator jasa pengiriman, maka ia tetap bisa memasarkan produk restorannya, kepada orang-orang yang merasa malas atau tidak berani keluar rumah. 

"Maka kolaborasi itu menjadi penting. Kita nggak bisa kerja sendiri, kita harus kolaborasi dengan banyak orang. Yang penting, kita punya niat baik," tuturnya. 

5. Keluarga

7 Tips Jitu Bagi Anak Muda untuk Meraih Kemerdekaan Finansial
Ilustrasi keluarga bahagia. (freepik/freepic_diller)

Keluarga menjadi hal utama yang bisa mendorong seseorang menjadi sukses. Sebab, keluarga merupakan salah satu support sistem yang kita miliki. Jika terjadi apa-apa dalam kehidupan kita, maka sudah pasti support sistem yang pertama hadir adalah keluarga. 

"Keluarga selalu siap membantu kita, kalau kita lagi capek, kalau kita lagi ada masalah, keluarga akan selalu men-support kita tanpa pamrih, tanpa perhitungan, tanpa keluar biaya," jelas Aidil. 

6. Pekerjaan

7 Tips Jitu Bagi Anak Muda untuk Meraih Kemerdekaan Finansial
Ilustrasi wanita karir. (freepik/drobotdean)

Untuk sukses, kata Aidil, seseorang harus bekerja dengan fokus dan tekun. Ketekunan dan fokus kita dalam bekerja, disebutnya akan sangat berpengaruh terhadap masa depan kita. Fokus dan ketekunan dalam bekerja, juga akan menuntun kita kepada aktualisasi diri, yang akan sangat menentukan jenjang karier, dan pada ujungnya tingkat kemerdekaan finansial kita akan diukur dari seberapa fokus dan tekun ya kita dalam melakukan pekerjaan. 

"Kita harus selalu fokus dan tekun dalam melakukan pekerjaan," tuturnya. 

7. Mulai Usaha dan Investasi

7 Tips Jitu Bagi Anak Muda untuk Meraih Kemerdekaan Finansial
Ilustrasi melakukan investasi. (freepik)

Kiat sukses yang terakhir agar kita segera menemukan kesuksesan dan kandirian finansial yaitu dengan memulai usaha dan melakukan investasi. 

Seperti disebutkan diatas, bahwa hanya dengan bekerja saja, kita akan sulit untuk mencapai level yang disebut sukses. Atau, dengan bekerja tekun dan fokus, memang kita bisa meraih sukses, namun kesuksesan dari hasil usaha maupun investasi, adalah sisi lain. Dengan usaha sendiri atau melakukan investasi, maka kemerdekaan secara finansial akan semakin dekat untuk diraih. 

"Mulailah usaha dan bisnis, ini juga salah satu investasi yang paling bagus kenapa dimulai dari sekarang? Karena sekarang lah butuh waktu yang panjang sampai suatu usaha dan bisnis ini bisa berhasil. Statistiknya mengatakan 80-90% bisnis dan usaha itu gagal di 1 tahun pertama. Maakanya untuk bisa berhasil, kita harus mulai lebih awal," tuturnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Desika Pemita
Yulia Marianti
Sigit Nugroho
Ads
Ads
JOIN US
JOIN US