The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Leaderboard Ads
Heboh Lagu Yamko Rambe Yamko Disebut Bukan Lagu Papua, Terdeteksi Mirip Bahasa Swahili
Ilustrasi orang Papua (Twitter/@PapuaItuKita)
News

Heboh Lagu Yamko Rambe Yamko Disebut Bukan Lagu Papua, Terdeteksi Mirip Bahasa Swahili

Selasa, 30 Juni 2020 12:43 WIB 30 Juni 2020, 12:43 WIB

INDOZONE.ID - Lagu daerah Yamko Rambe Yamko menjadi pembahasan di media sosial lantaran disebut bukan merupakan lagu daerah dari Papua. Informasi ini disebarkan oleh akun Twitter PapuaItuKita

Menurut akun tersebut, orang Papua sendiri tidak mengakui kalau lagu Yamko Rambe Yamko sebagai lagu daerah.

"Lagu Yamko Rambe Yamko, lagu daerah Irian Jaya/Papua. Artis besar sampai anak sekolah menyanyi lagu itu. Coba cek tanya ke orang Papua itu lagu dari Papua mana, bahasa Papua mana? orang Papua tidak tau & tidak mengakui itu sebagai lagu daerah. Siapa Paksa jadi lagu Papua?" cuit akun tersebut.

Seorang tokoh Papua bernama Simon Patric Morin mengatakan lagu ini dinyanyikan pertama kali oleh group musik Pak Kasur dari Jakarta pada Mei tahun 1963 di Biak.

Seorang komika bernama Arie Kriting setuju bahwa lagu Yamko Rambe Yamko bukanlah lagu dari daerah Papua, karena lirik lagu ini bukan bahasa yang digunakan oleh orang Papua.

"Saya menemukan fakta menarik bahwa orang-orang di Papua juga tidak tahu itu artinya apa dan tidak ada yang tahu itu bahasa apa. Tidak ada suku yang mengakui sampai sejauh ini lagu Yamko Rambe Yamko itu lagu dari daerah mereka,” kata Arie Kriting di kanal YouTubenya.

Berdasarkan pencarian lewat Google Translate, ternyata bahasa di lagu Yamko Rambe Yamko serupa dengan bahasa Swahili, bahasa salah satu negara di Afrika.

“Saya rasa tidak adil ketika sebuah lagu yang liriknya tidak diketahui dari daerah mana, tiba-tiba diklaim lagu daerah tersebut,” tuturnya.

Hingga saat ini, belum dipastikan dari bahasa mana lagu daerah Yamko Rambe Yamko sebenarnya. Namun, fakta ini tak ayal membuat banyak orang terkejut.

Artikel Menarik Lainnya:

Zega
Zega

Zega

Editor
Ads
Ads
JOIN US
JOIN US